Algoritma Backpropagation

Ga panjang lebar  deh yang cerita…
Backpropagation…kenal pertama kali di mata kuliah Pengenalan Pola…ada temen si yang ngenalin (TugasAkhirMataKuliah)…tp ane belum tertarik…soale ane liat si do’i pake rumus matematika….widiii….sereeeeeemmmm…XD #TraumaMatematika. Gara2 trauma jadi males deh yang kenalan…sampe pada semester berikutnya ane ketemu lg ama do’i…do’i masuk silabi di mata kuliah Jaringan Syaraf Tiruan….ane si rada2 SKSD (Sok Kenal Sok Deket) ama do’i…tapi apa mau dikata…tetep aja pake rumus matematika jadi males juga deh…gini ni salah satunya..

Salah satu rumus matematika pada algoritma BPNN

Salah satu rumus matematika pada algoritma BPNN

Pertama liat gan….bujubused dah…ane kagak paham sama sekali…:D tp ane ga mau nyerah gan…ane coba PDKT ma si do’i…tiap malem ane pandengin tu fotonya…sampe akhirnya ane tau…sebenere si do’i supel bgt…:D akhirnya guwa mutusin buat jadian ma do’i…ane deketin do’i pake langkah-langkah ginian gan…(Langkah Maju-Mundur) #ane nyebutnya gitu gan…

Tapi sblm ane ngasih tau langkah-langkahnya…ane mau ngasih tau gan…dan agan juga harus inget…

X = Masukan (input).
Vij = Bobot pada lapisan tersembunyi.
Wij = Bobot pada lapisan keluaran.
Voj = Bias pada lapisan tersembunyi
Woj = Bias pada lapisan tersembunyi dan lapisan keluaran.
J = 1,2,3,…..,n.
n = Jumlah unit pengolah pada lapisan tersembunyi.
k = Jumlah unit pengolah pada lapisan keluaran.
Y = Keluaran hasil.

agan harus inget tu yang ane sebutin diatas…terus ini gan langkah-langkahnya…\ ^_^ /

Langkah-langkahnya…ane kasih file aja ya gan…jadi biar bisa buat belajar agan-sista sekalian…ini gan…MLP-Back Propagation Network

ini cerita ane gan…salah share and get more…^_^

Leave a Reply

