Penyelesaian OSPF CCNA

Hehehe….mumpung oel sekalian dah posting ini… gini ceritanya…temen ane dapet tugas matakuliah Jaringan Komputer gan…disuruh download kasus beginian gan CCNA2.pka…temen ane bingung disuruh ngapain tu…pas ane liat…ternyata itu sejenis tutorial dalam aplikasi simulator Cisco (Cisco Packet Tracer). disitu ada Completion yang harus terisi 100% dengan mengikuti langkah-langkah konfigurasi yang sudah ditentukan… Ane coba buka gan itu file…trus ane liat judulnya “OSPF Troubleshooting Lab”… apaan tu OSPF? ane coba cari digoogle…ketemu deh keterangannya yang kurang lebih seperti dibawah ini…

OSPF merupakan sebuah routing protokol berjenis IGP yang hanya dapat bekerja dalam jaringan internal suatu ogranisasi atau perusahaan. Jaringan internal maksudnya adalah jaringan di mana Anda masih memiliki hak untuk menggunakan, mengatur, dan memodifikasinya. Atau dengan kata lain, Anda masih memiliki hak administrasi terhadap jaringan tersebut. Jika Anda sudah tidak memiliki hak untuk menggunakan dan mengaturnya, maka jaringan tersebut dapat dikategorikan sebagai jaringan eksternal. Selain itu, OSPF juga merupakan routing protokol yang berstandar terbuka. Maksudnya adalah routing protokol ini bukan ciptaan dari vendor manapun. Dengan demikian, siapapun dapat menggunakannya, perangkat manapun dapat kompatibel dengannya, dan di manapun routing protokol ini dapat diimplementasikan. Sumber

yaa…sedikit-sedikit ngerti lah OSPF tu apa…trus ane nyoba deh utak-atik,konfigurasi sana-sini biar Completion nya jadi 100%… pas ane liat di “PT Activity”-nya gan…perintahnya si gampang banget…cuma setting IP ma bikin OSPF routing….eh tp pas mau nyoba ane inget…kalo ane ga tau cara bikin OSPF routing…trus ane nyari deh diinternet caranya…dan ketemu ginian… Konfigurasi Branch1, Branch2, dan hostname HQ

# hostname Branch1
# router ospf 1
# passive-interface FastEthernet0/0
# network 10.10.4.0 0.0.1.255 area 0
# network 172.16.7.0 0.0.0.3 area 0
# network 172.16.7.8 0.0.0.3 area 0

# hostname Branch2
# router ospf 1
# log-adjacency-changes
# passive-interface Serial0/0/1
# network 172.16.7.4 0.0.0.3 area 0
# network 172.16.7.8 0.0.0.3 area 0
# network 10.10.6.0 0.0.3.255 area 0

# hostname HQ
# router ospf 1
# log-adjacency-changes
# passive-interface FastEthernet0/0
# passive-interface Loopback1
# network 172.16.7.0 0.0.0.3 area 0
# network 172.16.7.4 0.0.0.3 area 0
# network 10.10.0.0 0.0.7.255 area 0

ane pikir…konfigurasi itu uda selesai…:D ternyata masih kurang…ane coba liat di

Check Result“>”Assessment Items

ternyata masih ada yg belum kecentang…yaitu “Default Information” pada hostname HQ > OSPF > Process ID 1…terus ane googling lagi…dan caranya ternyata gampang banget…cuma nambahin beberapa baris dikonfigurasi hostname HQ…

#default-information originate

dan akhirnya Completion 100% juga…ya…begitulah ceritaku dengan OSPF…semoga bermanfaat…

Leave a Reply

