Wisata Kota Pekalongan

Museum Batik
Museum Batik Pekalongan photo(4)

Museum ini terdapat koleksi beraneka macam motif batik khas Pekalongan maupun daerah sekitarnya.  Terletak di Jl. Majapahit No. 7.  Di museum ini anda dapat melihat berbagai jenis batik dari waktu ke waktu.  Kita dapat mengamati perkembangan batik mulai jaman Belanda, pengaruh Jepang pada saat perang dunia kedua dengan motif jawa Hokokai, ada pula batik dari luar Jawa khususnya Sumatera yang banyak dipengaruhi oleh budaya islam yang tampak dari motif yang menyerupai kaligrafi tulisan Arab.  Koleksi museum ini cukup menarik, kita dapat melihat batik antik yang usianya mencapai 100 tahun lebih.  Ada pula kebaya encim yang biasa dipakai oleh wanita tionghoa di Indonesia.  Masih banyak koleksi menarik yang lain dapat anda lihat dimuseum ini.  Gedung Museum Batik Indonesia ini, dibangun dengan memanfaatkan gedung bekas Balai Kota Pekalongan.  Gedung itu dirombak menjadi Museum Batik indonesia, karenan bangunannya termasuk kuno, yakni dibangun pada zaman penjajahan Belanda.  Didalamnya, terdapat beberapa kamar yang luas degnan pintu dan jendela besar, sehingga terasa sekali nuansa sejarah yang tinggi.  Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan bermacam kendaraan atau angkutan kota.  Terletak di daerah bundaran Jatayu dekat jalan Diponegoro Kota Pekalongan.  Batik Pekalongan banyak dipengaruhi gabungan atau pembauran unsur lokal, arab, cina dan berlanda.  Sungguh sebuah warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Pantai Pasir Kencana (Boom)
Pintu Masuk Pantai Pasir Kencana Taman Pantai Pasir Kencana Jembatan Warna Pantai Pasir Kencana
Tempat santai menyajikan keindahan dan kesejukan khas pantai dengan hamparan pasir pantai.  Rekreasi yang ditawarkan ditempat ini selain pemandangan, yaitu bersampan, perahu siar dan memancing.  Terletak 4,5 km ke arah utara dari kota berdekatan degnan TPI(Tempat Pelelangan Ikan) dan Muara Pelabuhan Pekalongan.  Tersedia fasilitas : mainan anak-anak, panggung terbuka, areal parkir, Musholla, MCK dan mandi bilas.  Dapat menyaksikan timbul dan terbenamnya matahari.  Luas 3,5 Ha tidak jauh dari Pantai Pasir Kencana, kira-kira sejauh 500 m kearah barat, wisatawan dapat menikmati hidangan ikan bakar di Rumah Makan Pantai Sari atau Rumah Makan Wiroto, sambil menikmati suasana gelombang air laut dan semilirnya angin pantai.  Masih ada potensi Pantai Pasir Kencana kearah barat, yaitu terdapat Krematorium, Pura dan tambak.

Pantai Slamaran Indah
Slamaran Indah

Terletak disebelah timur pantai pasir kencana dibatasi oleh muara pelabuhan perikanan nusantara Pekalongan (PPNP) dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiar dan lewat darat 5 km dari kota/terminal bus. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir cukup, masih berupa hutan pantai yang alami, bisa menikmati terbit dan terbenamnya matahari dengan suasana yang indah, dengan luas 7 Ha.  Cocok bagi anda yang mempunyai jiwa natural.  Obyek wisata SLAMARAN INDAH merupakan Daerah pesisir yang bisa memberikan rasa sejuk dan nyaman.  Dengan legenda DEWI LANJAR sebagai RATU PANTAI UTARA Pekalongan, konon memiliki paras yang cantik jelita tiada bandingan.

Alun-alun Pekalongan
Alun-alun Pekalongan
Merupakan wahana hiburan yang paling digemari oleh warga. Tak hanya warga Pekalongan, namun warga pendatang dari luar Pekalonganpun sering singgah di sini. Banyak hal menarik yang ada di alun-alun. Dari mulai pusat perbelanjaan, pusat kuliner, agen-agen perjalanan hingga kompleks perkantoran. Dari sekian banyak hal yang ada di sekitar alun-alun Kota Pekalongan, yang paling identik dengan Pekalongan itu sendiri tentunya adalah Masjid Agung Kauman. Masjid peninggalan sejarah ini menjadi salah satu ciri khas Kota Pekalongan. Meskipun telah dibangun beberapa Masjid baru yang tak kalah megahnya, namun Masjid Agung Kauman ini tetap tak tergantikan sebagai simbol islami warga Pekalongan. Alun-alun pekalongan ini terlihat sangat ramai di malam hari, khususnya pada malam minggu dan malam jum’at. Karena jika di malam minggu adalah malam libur nasional, maka malam jum’at merupakan malam liburnya para karyawan pabrik dan buruh yang bekerja di wilayah Pekalongan. Alun-alun ini juga bersih. Meski belum tergolong sangat bersih, namun kenyamanannya masih bisa diandalkan untuk melepas penat di akhir pekan. Lokasi alun-alun Pekalongan ini sangat mudah dijangkau. Jika Anda berasal dari luar kota dan menggunakan transportasi bus, Anda bisa turun di terminal lama dan kemudian melanjutkan naik angkutan umum jurusan Matahari Mall. Dari pemberhentian terakhir tersebut, anda bisa jalan kaki sepanjang 100 meter melewati area pertokoan dan Swalayan sebelum akhirnya tiba di pusat hiburan rakyat Pekalongan tersebut. Tak perlu risau dengan anggaran belanja. Karena di sini, kulinernya tersedia dengan harga rakyat dengan kualitas rasa yang tak diragukan lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s